Langsung ke konten utama

Welcome 2022! Bismillah Pasti Bisa


 

Alhamdulillah dan aku harus selalu bersyukur karena Allah sangat sayang kepadaku. Bisa melewati 2021 naik turun di masa pandemi dan still happy adalah anugrah luar biasa. Walaupun gak ada resolusi yang tiap tahun aku gak pernah targetkan tapi Masya Allah betapa baik Allah kepadaku atas limpahan karunia serta segalanya yang membuat diriku masih sehat.

Flashback 1 tahun kebelakang, belajar dari pengalaman sebelumnya aku rasa aku semakin dibuat berpikir. Aku gak pernah membuat sebuah Goals, yes goals setelah 2 tahun di kantor yang sekarang pikiranku semakin terbuka. Selalu di ingatkan akan sebuah tujuan hidup dibantu untuk mendapatkan impian dan keinginan agar tercapai terutama dalam karir. 

Mas Bram adalah seseorang yang membuka mata dan pikiranku, aku gak pernah berpikir dalam 5 tahun terakhir bahwa ada "sesuatu" yang harusnya aku capai. Setiap kali 101 beliau selalu bertanya bagaimana kabarku, bagaimana planningku, apakah aku butuh bantuanya walaupun aku tahun pertanyaan ini mungkin template untuk semua leader kepada membernya tapi dari setiap sesi di tiap minggunya membuatku menjadi insecure dan khawatir. Bukan karena negatif tapi seolah menampar kehidupanku yang begini-begini saja tidak bertumbuh maupun berkembang. 

2021 Adalah fase berpikirku beruntung bisa bertemu dengan seseorang seperti mas bram, i know he is the one smart and profesional, seorang leader terbaik yang pernah aku temui. Oleh karena itu setelah sesi-sesi yang telah aku lewati, aku mulai merubah cara berpikirku atau yang disebut mindset. Aku masih bingung untuk menentukan tujuan karirku tapi aku tahu bahwa aku adalah orang yang luar biasa :) dimata teman-teman terbaikku.

Well, aku mulai membuka sebuah rencana bukan hanya sebuah resolusi tapi Goals. Yaps terdengar corporate tapi ada benarnya apabila memang ini yang menjadi tujuan. Aku hanya butuh menambahkan ambisi didalam perencanaan yang aku buat and he were go this is my planning, sebagai pengingat sebagai catatan.

Focus 2022 by Sawitri Center

  1. Upskilling English
  2. Writing & Reading
  3. Running & Cycling
  4. Learning Programming
  5. Savings!
Dari 5 Goals Planning diatas aku jabarkan bagaimana goals yang aku inginkan diatas

  • Meningkatkan Bahasa Inggris
Sudah lama sekali aku pengen bisa cas cis cus bahasa inggris dengan lancar melalui tulisan maupun percakapan Goalsnya adalah bisa mendapatkan sertifikat TOEFL 500, kenapa TOEFL bukan IELTS atau yang lebih tinggi? aku belum pernah mendapatkan nilai diatas 500 sehingga aku harap bisa mendapatkan sertifikat dan bonusnya adalah sertifikat TOEFL tersebut bisa menembus beasiswa S2, walaupun tahun ini aku belum memprioritaskan lanjut study setidaknya aku sudah memulai terlebih dahulu

Bagaimana cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa inggris? aku akan mulai dari rutin setiap hari / pagi menyelesaikan quest melalui aplikasi duolingo apabila terdapat tambahan biaya maka secara komitmen aku akan dengan sukarela membayar hal tersebut :)

Belajar bahasa inggris juga akan membantu pekerjaanku, dimana mungkin saja aku akan terhubung dengan beberapa orang dengan bahasa ini atau karena aku berencana belajar pemrograman lagi ditahun maka ini akan sangat membantu.

  • Membaca serta Menulis
Hal yang harusnya tidak terlewatkan adalah membaca buku dan menulis sesuatu.Aku ingin terus berkembang dan bertumbuh melalui cara aku berkomunikasi serta menyampaikan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Membaca buku akan menambah kosakata dan tentu saja gaya komunikasi akan terlihat baik dan aku yakin bisa membantu dalam pekerjaanku begitu pula dengan menulis.
Menulis akan membuat sebuah cerita hebat dimana aku selalu berkeinginan untuk mengisi blog maupun semua sosial media yang aku punya dan tentu saja inti dari semua ini adalah ke Karir, dimana tulisan dan gaya menulis sangat masih dibutuhkan

Goalsnya adalah bisa menulis setiap minggu di blog serta membaca 1 buku dalam 1 bulan 

Bagaimana aku melakukan fokus ini? 
- menjadwalkan setiap hari senin untuk menulis 1 buah artikel atau tulisan
- meluangkan waktu untuk membaca setiap pagi selama 30 menit

  • Lari dan bersepeda
Tentu saja olahraga sangat penting, goals ini penting banget buatku karena berat badanku sudah sangat mengkhawatirkan 3 tahun terakhir. per tulisan ini dibuat karena aku terakhir MCU beratku 67 kilo! berat yang gak pernah aku bayangkan seberat ini :( . Aku pengen banget secara sehat mendapatkan berat ideal dengan cara bahagia :)
Goalsnya apa? untuk mendapatkan angka 55 KILO! harus turun 12 kilo well kenapa harus turun berat badan? love ur self, hei aku ingin mendapatkan masa mudaku dengan body goals dan impianku ingin mengenakan baju pengantin yang bagus jika kelak aku diberikan anugrah untuk menikah, semoga tahun ini....

Bagaimana aku melakukan ini?
- Meluangkan waktu selama 1 jam untuk lari setiap harinya bonus goalsnya adalah bisa mengikuti turnamen lari dan mendapatkan medali as runner
- Aku pengen bersepeda mengisi strava apabila ingin olahraga bervariasi goalsnya juga bisa mengikuti turnament cycling

  • Belajar Pemrograman
Sebagai seseorang lulusan informatika, harga diri tidak bisa ngoding adalah memalukan menurutku :( minimal ngerti koding tapi kalau gak bisa sama sekali adalah sia-sia akan tetapi aku adalah seseorang yang gak sanggup untuk ngoding. Why? ketika aku melihat barisan kode seakan seperti mengingat masa kelam membuat sistem program dalam 2 minggu, dimana otakku dalam mode panas alias emamg males sih aku orangnya wkwkw. Kenapa aku harus ngoding lagi? aku dipermalukan oleh profesi software engineer dari lulusan non experience atau tanpa background pendidikan IT. Ingat saat ini profesi IT bukan hanya untuk lulusan IT, siapa saja bisa menjadi apasaja walaupun tanpa background sekaligus, semua bisa berubah oleh proses dan kesempatan. Maka aku ingin mendapatkan kesempatan itu.

Apa yang ingin aku dapatkan dari belajar lagi pemrograman? tentu goalsnya adalah ingin switch career sebagai FRONTEND ENGINEER kalau gak sanggup sebagai seorang pemrogram dengan ilmu matematika alias backend maka minimal aku pengen jadi seorang front-end engineer dimana stepnya mudah ditemukan karena aku sering mendapatkan wawasan setiap kali webinar.

Bagaimana aku memulai dan melakukanya?
- Mulai dari menyelesaikan quest di coursera dari basic
- menyusun bahasa pemrograman yang akan di pelajari
meluangkan waktu after office minimal 2 jam setiap hari 
- memahami 1 framework dan menciptakan 1 website/aplikasi lalu mengunggahnya di GitHub sebagai dokumentasi dan kontribusi

  • Menabung Masa Depan
Ini penting banget, sangat-sangat penting bagaimana seorang perempuan tidak punya tabungan? iya itu aku, lupa menabung untuk dunia. Padahal banyak hal yang belum sempat aku lakukan karena Tidak Punya Uang. Berpikir untuk cari pacar kaya? nggak sama sekali I am independent woman. Tapi tetap berharap dapat suami Hartawan dan Dermawan supaya bisa sama-sama terus membantu orang-orang yang membutuhkan entah secara materi maupun ilmu karena semua butuh uang ya kan. 

Apa yang ingin didapat dari menabung? Aku pengen banget menabung untuk menjaga masa depan entah itu untuk kebutuhan keluarga maupun ada sesuatu yang ingin aku beli. Kesimpulan dari semua ini adalah Investasi Masa Depan.

Bagaimana cara menghemat untuk menabung?
- Mengurangi checkout di shopee
- Mengurangi membeli makanan diluar karena bisa masak dirumah
- Hanya membeli baju branded yang berkualitas untuk jangka panjang, mulai memfilter dan memperbaiki baju yang ada untuk di recycle
- Mengurangi berpergian untuk menghabiskan uang karena sudah "tuwuk" ngelencer
- Makan sebelum jalan-jalan agar tidak membeli banyak makanan ketika di luar, membawa air putih atau bekal
- Membatasi limit budget untuk jalan-jalan setiap bulan 
- Mulai berkarya dan membuka peluang usaha dengan berjualan, rencana membuka kedai makanan fancy untuk norman agar punya kegiatan dan pemasukan


Well, semua tulisan diatas adalah rencana fokus yang ingin aku wujudkan di tahun 2022 ini. Selain itu aku ingin menuliskan perencanaan jadwal keseharianku yang juga ingin aku wujudkan demi produktifitas yang bermanfaat.

Terima kasih

Komentar

Popular Posts

Mengenal Ukuran Majalah, Brosur, Undangan dan Media cetak

Pada kebanyakan masyarakat umum yang biasanya suka membaca, melihat, bahkan menyimpan buku,  brosur  dan  majalah  ataupun  koran  sering mengabaikan hal-hal sepele yang mengarah pada masalah sebuah ukuran bentuk sebuah buku, majalah, brosur, poster dll. Adakalanya di suatu instansi, sekolah-sekolah, universitas  yang ingin membuat sebuah profil katalog atau majalah siswa dan brosur, tidak tahu seluk beluk ukuran kertas yang sebenarnya untuk disesuaikan dengan media percetakan dan  desain grafis . Sangat penting memperhatikan jenis kertas dan ukuran standar pembuatan Brosur, Majalah, Poster, Buku Kenangan, Lefleat, Undangan dll. BROSUR  : membuat brosur bentuk ukuran kertasnya ada beberapa pilihan yaitu  A4, F4, Letter  dan  Custom . Hal ini sangat di anjurkan daripada memakai ukuran seenaknya sendiri karena ketentuan ukuran tersebut sudah dikondisikan dengan ukuran kertas plano (kertas ukuran besar sebelum dipotong-potong menjadi bagian tertentu, biasanya dijual khusus untuk d

Syarat dan Ketentuan Membuat Majalah

Pada dasarnya membuat  majalah, koran,  brosur , lefleat  dan sejenisnya ada beberapa kesamaan dan satu tujuan bentuk formatnya. Berdasarkan pengalaman saya sendiri banyak kesalahan-kesalahan mendasar telah dibuat oleh para desainer awam atau pemula yang nota bene asal buat, asal jadi. Padahal dari segi pembuatan majalah misalnya harus ada aturan main yg lbh spesifik misalnya jumlah halaman, standar ukuran font, pengaturan gambar, pengaturan margin dll. Ada poin – poin penting yang berhasil saya kumpulkan dalam membuat majalah, koran, buku profil, dll.  yaitu : 1.  Tentukan jumlah halaman  yang akan di buat, atur jumlah halaman dengan cara dibagi menjadi kelipatan 4 misalnya : 12 halaman, 16 halaman, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, 48, 52, 56 dan seterusnya. Ingat !! berapapun yang anda inginkan jumlah halaman harus genap jika dibagi menjadi 4, hal ini dikarenakan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan beberapa halaman kosong. 2.  Ukuran font  standar untuk isi majalah ada

Pengalaman Pergi Ke Jogja dari Surabaya Dengan Minimalis ala Sawitry (Work On Trip)

Aku sempat berkeinginan pergi ke Jogja untuk kerja remote dan Finally terwujud! Akhir bulan september 2021 lalu aku berkesempatan untuk work on solo trip disaat PPKM Level mulai rendah. Perjalanan work on trip ini gak maksimal bisa dinikmati, karena jadwal interview dan meeting yang gak bisa di prediksi.  Biaya dan akomodasi ke Jogja menurutku gak sepenuhnya murah loh, tapi tentu siapkan budget terlebih dahulu untuk keperluan apa yang akan kita lakukan di Kota Istimewa ini. Dari pengalaman kemarin aku punya tips ke Jogja kalau kamu ingin pergi solo trip atau sekedar remote work from Jogja. 1. Transportasi Pulang-Pergi Aku sarankan naik kereta ke Jogja agar feel perjalanannya lebih terasa. Bila kamu solo trip akan lebih aman dengan kereta karena bila dalam jam kerja bisa sambil meeting didalam kereta. Kereta Surabaya Jogja termurah menggunakan kereta ekonomi melalui rute  Surabaya Gubeng - Lempuyangan. - Logawa : Rp 74.000,- - Pasundan : Rp 105.000,- - Sri Tanjung Rp 94.000,-