Langsung ke konten utama

Pengalaman Pergi Ke Jogja dari Surabaya Dengan Minimalis ala Sawitry (Work On Trip)





Aku sempat berkeinginan pergi ke Jogja untuk kerja remote dan Finally terwujud!
Akhir bulan september 2021 lalu aku berkesempatan untuk work on solo trip disaat PPKM Level mulai rendah. Perjalanan work on trip ini gak maksimal bisa dinikmati, karena jadwal interview dan meeting yang gak bisa di prediksi. 
Biaya dan akomodasi ke Jogja menurutku gak sepenuhnya murah loh, tapi tentu siapkan budget terlebih dahulu untuk keperluan apa yang akan kita lakukan di Kota Istimewa ini. Dari pengalaman kemarin aku punya tips ke Jogja kalau kamu ingin pergi solo trip atau sekedar remote work from Jogja.

1. Transportasi Pulang-Pergi
Aku sarankan naik kereta ke Jogja agar feel perjalanannya lebih terasa. Bila kamu solo trip akan lebih aman dengan kereta karena bila dalam jam kerja bisa sambil meeting didalam kereta. Kereta Surabaya Jogja termurah menggunakan kereta ekonomi melalui rute Surabaya Gubeng - Lempuyangan.
- Logawa : Rp 74.000,-
- Pasundan : Rp 105.000,-
- Sri Tanjung Rp 94.000,-

Update jadwal kereta di masa pandemi bisa kapanpun berubah, informasi bisa di pantau melalu website KAI atau aplikasi KAI. Biaya transportasi belum termasuk tes antigen (Oktober 2021) dan jangan lupa untuk melihat persyaratan terbaru ketika naik kereta.

2. Penginapan
Tak diragukan lagi kekuatan platform aplikasi seperti Traveloka, Tiket.com, Agoda dan lain-lain sangat memudahkan kita mendapatkan tempat menginap. Mulai dari hotel, hostel, dorm hingga homestay atau apartemen yang bisa buat rame-rame dengan berbagai harga yang sesuai dengan kantong kita. 

Catatan Rekomendasi : 
Aku tidak punya rekomendasi penginapan yang nyaman dan murah, tapi menurutku kalau kita mau stay beberapa hari sebaiknya menggunakan hotel yang nyaman dan apabila grup bisa menggunakan homestay. Selalu ingat sesuai budget dan jarak dari lokasi tujuan dekat. Misal kalau ingin di seputaran malioboro maka cari lokasi yang dekat dengan area tersebut.
Apabila berencana dalam waktu lama sebaiknya ambil kos harian atau bulanan, bila ingin puas sebulan di Jogja. Banyak kos murah di area kampus seperti UNY, UGM dan lain-lain.

3. Sewa Motor
Ini adalah pilihan untuk wisatawan yang ingin berkeliling Jogja dalam sehari hingga dua hari. Persewaan motor di Jogja banyak banget, kita bisa mencari nya melalui Google Review agar tahu bagaimana penilaian penyewa dan jangan lupa untuk melihat kualitas motor apakah memungkinkan bisa nanjak dll.

4. Destinasi
Nah, ini harus sesuai tujuan kita kesana untuk apa dan mau kemana. Kalau aku bisa rekomendasikan ada dibawah ini
  • Tempat Nongkrong / Cafe

    - Cafe Coworking Space : Rekomendasi cafe kalau ke Jogja adalah coworking space. Biasanya aku ke Antologi, karena buka mulai jam 7 pagi. Hanya perlu membeli kopi kita bisa seharian didalam sini atau bila ingin lebih private bisa menggunakan area lantai 2 namun berbayar, informasinya ada di instagram mereka.

    - Cafe 24 jam Jogja : Silol Kopi & Eatery, ini rekomendasi banget buat remote work sampai malam, karena ada ruang private yang lumayan nyaman dan ada rooftop untuk area outdoor smoking bisa menikmati udara Jogja kalau malam. Untuk range harga standart cafe jogja, jangan disamakan di Surabaya tentunya.

    - Cafe view Tugu Jogja Kebon Ndalem Coffee & Eatery, ini adalah lokasi strategis dan astetik kalau ingin mendapatkan view yang pas di Tugu Jogja, pastikan untuk reservasi kalau ingin datang sore. Bila tidak ingin terlalu ramai kamu bisa datang waktu jam buka di siang hari

    - Cafe view Sawah seperti kopi klotok yang bisa ditemukan di utara arah merapi. Kalau ingin dekat dengan alam bisa sambil menikmati sejuknya sawah duduk depan sawah atau sesuai tempat yang kita dapat. Tapi, aku belum pernah ke cafe view sawah selain kopi klotok, bila tidak ingin ramai sepertinya banyak cafe view sawah semacam kopi klotok ini.

    - Cafe view Gunung : Klangon area merapi, ini adalah experience gak perlu bayar mahal kita bisa nongkrong di area merapi paling dekat, kalau cuaca cerah kita bisa mendapatkan view paling dekat gunung ini

    - Cafe view Laut : aku g menemukan lokasi ini tapi kita bisa pergi ke Pantai selatan manapun karena sudah pernah aku coba ke Parantritis 4G Telkomsel ngebut banget. Jadi menurutku masih aman kalau ada panggilan meeting dan butuh internet cepat.



  • Tempat Wisata
    Tentu Malioboro hingga titik 0 adalah lokasi yang gak pernah kita skip. Lokasi lain seperti prambanan, gunung kidul bantul, merapi adalah option yang bisa kita pilih. Namun Aku merekomendasikan daerah pantai seperti pantai selatan dengan pasir putih dan daerah dataran tinggi seperti bukit hingga hutan pinus. Jadi kalau ditanya dimana tempat rekomendasi yang asik, itu tergantung waktu dan tujuan.


  • Masjid
    Menurutku masjid adalah tempat wajib yang dikunjungi setiap kita datang ke daerah. Disetiap daerah pasti punya masjid yang penuh sejarah. Jangan lupa mampir ke Masjid Jogokaryan kalau datang ke jogja karena masjid ini menurutku terbaik kamu bisa mencari informasi ini di internet.

  • Tempat Oleh-oleh
    Apa yang  terbesit kalau kita mau bawa oleh-oleh? Makanan,baju, accesories atau pernak-pernik jogja. Kalau kamu adalah orang baik yang ingin membawakan buah tangan untuk orang-orang tercinta cukup datang ke malioboro untuk sekedar berjalan dan berbelanja dan bila tak ingin susah, caraku membeli barang oleh-oleh adalah membuka aplikasi shopee lalu add to chart :D jadi koper tas gak penuh dan gak repot. Mudah bukan!

Total Biaya ala Sawitry :
  • **Naik Kereta PP Sri Tanjung : Rp 88.000 x 2 = Rp 176.000,-
  • **Antigen (oktober 2021) : Rp 40.000 x 2 = Rp 80.000,-
  • Penginapan : Rp 50.000 - 100.000,- / hari
  • Sewa Motor : Rp 60.000,- (2 hari)  (Gunakan Student Card & belum termasuk bensin)
  • Budget Wisata Gunung Kidul : Rata-rata HTM 5rb (spend 100rb)
  • Konsumsi : -/+ Rp 100.000,- ( Gudeg, Sate, Soto, Jajan ) (-/+ 100rb)
  • Transportasi ke lokasi sewa motor/hotel : Belum termasuk (anggap aja 10-20rb)

Total Keseluruhan : -/+ Rp 700.000,-

**Biaya Wajib (PP & Antigen) : Rp 256.000,-

Kalau gak terlalu suka makan banyak, budget konsumsi bisa dikurangi dan tentu saja kalau lebih dari 1 orang biaya bisa berkurang. Jadi kira-kira kalau di bagi 2 orang pada bagian akomodasi (diluar tiket kereta dan Antigen) adalah - / + 300 ribuan (minimalis banget)


Tulisan review perjalanan ku di Jogja ini aku persembahkan untuk adekku di SurabayaDev Dini, yang senang banget dengan trip on work ku kali ini. Semoga bisa membantu kebutuhan lokasi dan budget tentunya. Happy & Enjoy Jogja ya. Tetap Prokes

Komentar

Popular Posts

Mengenal Ukuran Majalah, Brosur, Undangan dan Media cetak

Pada kebanyakan masyarakat umum yang biasanya suka membaca, melihat, bahkan menyimpan buku,  brosur  dan  majalah  ataupun  koran  sering mengabaikan hal-hal sepele yang mengarah pada masalah sebuah ukuran bentuk sebuah buku, majalah, brosur, poster dll. Adakalanya di suatu instansi, sekolah-sekolah, universitas  yang ingin membuat sebuah profil katalog atau majalah siswa dan brosur, tidak tahu seluk beluk ukuran kertas yang sebenarnya untuk disesuaikan dengan media percetakan dan  desain grafis . Sangat penting memperhatikan jenis kertas dan ukuran standar pembuatan Brosur, Majalah, Poster, Buku Kenangan, Lefleat, Undangan dll. BROSUR  : membuat brosur bentuk ukuran kertasnya ada beberapa pilihan yaitu  A4, F4, Letter  dan  Custom . Hal ini sangat di anjurkan daripada memakai ukuran seenaknya sendiri karena ketentuan ukuran tersebut sudah dikondisikan dengan ukuran kertas plano (kertas ukuran besar sebelum dipotong-potong menjadi bagian tertentu, biasanya dijual khusus untuk d

Syarat dan Ketentuan Membuat Majalah

Pada dasarnya membuat  majalah, koran,  brosur , lefleat  dan sejenisnya ada beberapa kesamaan dan satu tujuan bentuk formatnya. Berdasarkan pengalaman saya sendiri banyak kesalahan-kesalahan mendasar telah dibuat oleh para desainer awam atau pemula yang nota bene asal buat, asal jadi. Padahal dari segi pembuatan majalah misalnya harus ada aturan main yg lbh spesifik misalnya jumlah halaman, standar ukuran font, pengaturan gambar, pengaturan margin dll. Ada poin – poin penting yang berhasil saya kumpulkan dalam membuat majalah, koran, buku profil, dll.  yaitu : 1.  Tentukan jumlah halaman  yang akan di buat, atur jumlah halaman dengan cara dibagi menjadi kelipatan 4 misalnya : 12 halaman, 16 halaman, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, 48, 52, 56 dan seterusnya. Ingat !! berapapun yang anda inginkan jumlah halaman harus genap jika dibagi menjadi 4, hal ini dikarenakan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan beberapa halaman kosong. 2.  Ukuran font  standar untuk isi majalah ada