Langsung ke konten utama

Membuat Majalah isi Halaman (In Design)

Saya sempatkan lagi meluangkan waktu saya untuk isi postingan blog panduan indesign disela-sela pekerjaan saya yg sngt menguras pikiran setiap hari… kali ini saya coba jelaskan panduan membuat majalah ( hitung-hitung buat hilangkan stress sedikit.. :) )
karena terburu-buru nih.. sebagai balesan kebaikan saya .. hehe.. saran dan komentarnya dari anda-anda..tentunya akan sedikit membuat saya tersenyum didepan monitor anda hehe… dan semakin rajin lho. membuat panduan lainnya hehe….
oke.. silahkan di simak langkah2-nya >>
Coba lihat contoh gambar di bawah ini
contoh isi majalah
contoh sebuah isi majalah di atas merupakan salah satu hasil karya saya,
dan tentunya dg sukarela akan saya bagikan ilmunya tanpa tedeng aling-aling alias no sensor .. kepada anda.. setuju ! ok..
Langkah I : buat file new document -> lalu pilih ukuran A4 saja, hilangkan tanda centang pada facing pages kemudian pada menu tampilan new document atur Margins dan buat sesuka pilihan kamu atau isi saja seperti ini  Top: 20mm  Left: 20mm Bottom: 20mm Right: 20mm. Klik OK !
Set Halaman menjadi 2 kolom caranya >> Layout > Margins and Columns. pada keterangan Columns isi Number dengan anka 2 (artinya 2 kolom) lalu Gutter atau jarak kolomnya isikan 5 mm saja. klik ok.
Langkah 2 : akan keluar tampilan lembar putih dg garis margin tipis biasanya warna magenta. Nah kita akan isi dg gambar, teks dan lainnya di dalam batas margin tersebut.
Untuk membuat judulnya  >> klik tanda seperti huruf    pada box tab menu lalu drag/tarik dari kiri kekanan (caranya klik mouse kiri tanpa dilepas pada lembar newdocument lalu geser ke bawah kanan sampai keluar range box warna biru lalu lepas klik kirinya)
jika benar kursor akan tampak di posisi pojok kiri atas range box. Lalu ketikan Judulnya, bisa seperti diatas atau terserah anda kemudian rubah ukuran dan jenis fontnya sesuai selera, pada contoh diatas menggunakan font Georgia ukuran 42 point.
Membuat SubJudul >> drag mouse setengah saja atau tidak melebihi kolom 1 caranya seperti membuat judul diatas kemudian atur font  menjadi 12 point.
Langkah 3 : buat range lagi untuk isi artikel/naskahnya caranya ya sama drag/tarik sampai kebawah batas margin magenta lalu ketikan naskahnya di situ, bisa jg copy paste naskah melalui msword.
Memasukkan Gambar : Awass!! yg sering digunakan oleh orang umumnya biasanya untuk mengambil gambar tinggal copy paste seperti teks, tp disini hrs dihindari karena gambar hasilnya akan pecah2 / ngeblur bila nantinya diperbesar. Caranya –> File > Place.
Setelah keluar kota place cari direktori gambar pada komputer anda (format gambar akan lbh bagus bila formatnya psd, eps, tiff, ai, wmf) jika datanya jpeg, jpg maka gambar akan keluar besar dan msh hrs diperkecil lg buang2 waktu. lbh baik edit dulu di photosop simpan dg file psd.
Kemudian setelah di place klik gambar tujuan taruh posisinya seperti contoh gambar diatas.
Agas gambar tidak menumpang / numpuk di atas teks tsb, sebaiknya gunakan fungsi TEXT WRAP, atur jaraknya menjadi 5 mm.
Untuk coloring teks dan warna background bisa anda kreasikan sendiri tergantung ide-ide anda semua.
nah… sudah selesai.. selamat mencoba !

Komentar

Popular Posts

Mengenal Ukuran Majalah, Brosur, Undangan dan Media cetak

Pada kebanyakan masyarakat umum yang biasanya suka membaca, melihat, bahkan menyimpan buku,  brosur  dan  majalah  ataupun  koran  sering mengabaikan hal-hal sepele yang mengarah pada masalah sebuah ukuran bentuk sebuah buku, majalah, brosur, poster dll. Adakalanya di suatu instansi, sekolah-sekolah, universitas  yang ingin membuat sebuah profil katalog atau majalah siswa dan brosur, tidak tahu seluk beluk ukuran kertas yang sebenarnya untuk disesuaikan dengan media percetakan dan  desain grafis . Sangat penting memperhatikan jenis kertas dan ukuran standar pembuatan Brosur, Majalah, Poster, Buku Kenangan, Lefleat, Undangan dll. BROSUR  : membuat brosur bentuk ukuran kertasnya ada beberapa pilihan yaitu  A4, F4, Letter  dan  Custom . Hal ini sangat di anjurkan daripada memakai ukuran seenaknya sendiri karena ketentuan ukuran tersebut sudah dikondisikan dengan ukuran kertas plano (kertas ukuran besar sebelum dipotong-potong menjadi bagian tertentu, biasanya dijual khusus untuk d

Syarat dan Ketentuan Membuat Majalah

Pada dasarnya membuat  majalah, koran,  brosur , lefleat  dan sejenisnya ada beberapa kesamaan dan satu tujuan bentuk formatnya. Berdasarkan pengalaman saya sendiri banyak kesalahan-kesalahan mendasar telah dibuat oleh para desainer awam atau pemula yang nota bene asal buat, asal jadi. Padahal dari segi pembuatan majalah misalnya harus ada aturan main yg lbh spesifik misalnya jumlah halaman, standar ukuran font, pengaturan gambar, pengaturan margin dll. Ada poin – poin penting yang berhasil saya kumpulkan dalam membuat majalah, koran, buku profil, dll.  yaitu : 1.  Tentukan jumlah halaman  yang akan di buat, atur jumlah halaman dengan cara dibagi menjadi kelipatan 4 misalnya : 12 halaman, 16 halaman, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, 48, 52, 56 dan seterusnya. Ingat !! berapapun yang anda inginkan jumlah halaman harus genap jika dibagi menjadi 4, hal ini dikarenakan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan beberapa halaman kosong. 2.  Ukuran font  standar untuk isi majalah ada

Pengalaman Pergi Ke Jogja dari Surabaya Dengan Minimalis ala Sawitry (Work On Trip)

Aku sempat berkeinginan pergi ke Jogja untuk kerja remote dan Finally terwujud! Akhir bulan september 2021 lalu aku berkesempatan untuk work on solo trip disaat PPKM Level mulai rendah. Perjalanan work on trip ini gak maksimal bisa dinikmati, karena jadwal interview dan meeting yang gak bisa di prediksi.  Biaya dan akomodasi ke Jogja menurutku gak sepenuhnya murah loh, tapi tentu siapkan budget terlebih dahulu untuk keperluan apa yang akan kita lakukan di Kota Istimewa ini. Dari pengalaman kemarin aku punya tips ke Jogja kalau kamu ingin pergi solo trip atau sekedar remote work from Jogja. 1. Transportasi Pulang-Pergi Aku sarankan naik kereta ke Jogja agar feel perjalanannya lebih terasa. Bila kamu solo trip akan lebih aman dengan kereta karena bila dalam jam kerja bisa sambil meeting didalam kereta. Kereta Surabaya Jogja termurah menggunakan kereta ekonomi melalui rute  Surabaya Gubeng - Lempuyangan. - Logawa : Rp 74.000,- - Pasundan : Rp 105.000,- - Sri Tanjung Rp 94.000,-